Rabu, 24 November 2010

ORACLE

ORACLE
Oracle (NASDAQ: ORCL) adalah perusahaan piranti lunak enterprise terbesar di dunia yang menyediakan piranti lunak enterprise kepada perusahaan dan organisasi terbesar dan paling sukses di dunia. Oracle menyediakan produk-produk database, application server, collaboration selain enterprise business applications dan perangkat application development. Oracle adalah perusahaan piranti lunak pertama yang mengembangkan dan 100 persen menggunakan piranti lunak enterprise diatas Internet diseluruh lini produknya. Sejak diluncurkannya database relational pertama di dunia pada tahun 1977, Oracle telah menjadi bagian penting dalam revolusi teknologi yang secara nyata mengubah bisnis modern. PT Oracle Indonesia adalah anak perusahaan dari Oracle Corporation, yang didirikan pada tahun 1995.
Oracle Database biasanya disebut sebagai RDBMS Oracle atau hanya sebagai Oracle adalah sistem manajemen database relasional RDBMS yang diproduksi dan dipasarkan oleh Oracle Corporation.

Larry Ellison dan teman-temannya dan mantan rekan kerja Bob Miner dan Ed Oates memulai konsultasi Software Development Laboratories SDL pada tahun 1977. SDL mengembangkan versi asli dari perangkat lunak Oracle. Nama Oracle berasal dari nama-kode dari sebuah proyek yang didanai CIA Ellison telah bekerja pada saat yang sebelumnya dipekerjakan oleh Ampex.
Isi

struktur fisik dan logis

Sistem database Oracle-diidentifikasi oleh sistem alfanumerik Pengidentifikasi atau SID [3]-terdiri dari sedikitnya satu contoh aplikasi, bersama dengan penyimpanan data. Misalnya An-diidentifikasi terus-menerus dengan jumlah Instansiasi (atau id aktivasi: SYS.V_ $ DATABASE.ACTIVATION #)-terdiri dari serangkaian proses operasi-sistem dan-memori struktur yang berinteraksi dengan penyimpanan. proses umum termasuk PMON (monitor proses) dan SMON (monitor sistem).

Pengguna database Oracle lihat struktur memori server-side-sebagai SGA (System Global Area). The SGA biasanya menyimpan informasi cache seperti data-buffer, perintah SQL, dan informasi pengguna. Selain penyimpanan, database terdiri dari online redo log (atau log), yang memegang sejarah transaksional. Proses pada gilirannya arsip online redo log ke arsip log (offline redo log), yang menyediakan dasar (jika perlu) untuk pemulihan data dan untuk beberapa bentuk replikasi data.

Jika administrator database Oracle telah mengimplementasikan Oracle RAC (Real Application Clusters), maka beberapa contoh, biasanya pada server yang berbeda, melekat array pusat penyimpanan. Skenario ini menawarkan keuntungan seperti lebih baik, skalabilitas kinerja dan redundansi. Namun, dukungan menjadi lebih kompleks, dan banyak situs tidak menggunakan RAC. Dalam versi 10g, komputasi grid memperkenalkan sumber daya bersama di mana sebuah contoh dapat digunakan (misalnya) CPU sumber daya dari node lain (komputer) dalam grid.

DBMS Oracle dapat menyimpan dan menjalankan prosedur yang tersimpan dan fungsi dalam dirinya sendiri.
PL / SQL (proprietary ekstensi prosedural Oracle Corporation untuk SQL), atau bahasa Java berorientasi objek dapat meminta kode objek dan / atau menyediakan struktur pemrograman untuk menulis mereka.
Penyimpanan
Oracle RDBMS menyimpan data secara logis dalam bentuk tablespace dan fisik dalam bentuk file data ("datafiles"). tablespace dapat berisi berbagai jenis segmen memori, seperti Data Segmen, Indeks Segmen, Segmen dll pada gilirannya terdiri atas satu atau lebih extent. Extent terdiri kelompok blok data berdekatan. Data blok membentuk unit dasar dari penyimpanan data.

manajemen database Oracle trek komputernya penyimpanan data dengan bantuan informasi yang tersimpan dalam tablespace SYSTEM. The tablespace SISTEM berisi data kamus-dan seringkali (secara default) indeks dan cluster. Sebuah kamus data terdiri dari kumpulan khusus tabel yang berisi informasi tentang semua objek user-dalam database. Sejak versi 8i, RDBMS Oracle juga mendukung "lokal berhasil" tablespace yang dapat menyimpan ruang informasi manajemen di bitmap dalam header mereka sendiri bukan di tablespace SYSTEM (seperti yang terjadi dengan default "kamus yang dikelola" tablespace).

file Disk

Pada tingkat fisik, datafiles terdiri dari blok data satu atau lebih, di mana ukuran blok bisa bervariasi antara datafiles.
Datafiles dapat menempati pra-ruang yang dialokasikan dalam sistem file dari server komputer, menggunakan disk mentah langsung, atau ada di dalam ASM volum logical.

file Kontrol
Parameter berikut mengatur ukuran file kontrol:

* Maxlogfile
* Maxlogmembers
* Maxloghistory
* Maxinstances
* Control_file_record_keep_time
Database Schema
konvensi database Oracle mengacu pada kelompok didefinisikan kepemilikan benda (umumnya dikaitkan dengan "username") sebagai skema.

Kebanyakan instalasi database Oracle tradisional datang dengan skema yang disebut default SCOTT. Setelah proses instalasi telah menyiapkan tabel contoh, pengguna dapat login ke database dengan scott username dan password harimau. Nama schema SCOTT berasal dengan Bruce Scott, salah seorang karyawan pertama di Oracle (kemudian Software Development Laboratories), yang memiliki kucing bernama Tiger.

Oracle Corporation telah de-menekankan penggunaan skema SCOTT, karena menggunakan beberapa fitur dari rilis yang lebih baru dari Oracle. Terbaru [update] contoh yang diberikan oleh Oracle Corporation referensi HR default atau skema OE.
skema standar lain meliputi:

    * SYS (struktur database penting inti dan utilitas)
    * SISTEM (struktur database inti dan utilitas tambahan, dan account istimewa)
    * OUTLN (digunakan untuk menyimpan metadata untuk disimpan garis besar untuk rencana eksekusi query-pengoptimasi stabil.
    * BI, IX, HR, OE, PM, dan SH (skema sampel diperluas yang berisi data lebih banyak dan struktur dari skema SCOTT tua).
Sistem Global Area

Artikel utama: Sistem Global Area

Setiap contoh Oracle menggunakan System Global Area atau SGA-a shared-memori daerah-untuk menyimpan data dan kontrol informasi.
Setiap contoh Oracle mengalokasikan SGA sendiri ketika mulai dan de-mengalokasikan itu di shut-down time. Informasi dalam SGA terdiri dari unsur-unsur berikut, yang masing-masing memiliki ukuran tetap, didirikan pada startup contoh:

    * Redo log buffer: ini menyimpan redo log entri-perubahan yang dibuat ke database. Misalnya menuliskan redo log buffer ke redo log secepat dan seefisien mungkin. The Redo log bantu dalam pemulihan misalnya dalam hal kegagalan sistem.
    * Kolam renang bersama: area ini toko SGA memori bersama-struktur seperti daerah SQL dibagi dalam cache perpustakaan dan informasi internal dalam kamus data. Jumlah cukup memori yang dialokasikan ke kolam bersama dapat menyebabkan penurunan kinerja.
cache Perpustakaan

Cache Perpustakaan toko bersama SQL, caching pohon parse dan rencana eksekusi untuk setiap pernyataan SQL unik. Jika beberapa aplikasi mengeluarkan pernyataan SQL yang sama, setiap aplikasi dapat mengakses area SQL bersama. Hal ini akan mengurangi jumlah memori yang diperlukan dan mengurangi proses-waktu yang digunakan untuk parsing dan perencanaan eksekusi.

Data cache kamus

Kamus data terdiri dari satu set tabel dan pandangan bahwa peta struktur database.

Oracle database menyimpan informasi di sini tentang struktur logis dan fisik dari database.
Kamus data berisi informasi seperti:

    * Pengguna informasi, seperti hak user
    
* Integritas kendala didefinisikan untuk tabel dalam database
    * Nama dan tipe data dari semua kolom dalam tabel database
    * Informasi tentang ruang yang dialokasikan dan digunakan untuk objek skema
Contoh Oracle yang sering mengakses data kamus untuk mengurai pernyataan SQL. Operasi dari Oracle tergantung pada akses siap untuk kamus data: kinerja hambatan dalam kamus data mempengaruhi semua pengguna Oracle. Karena itu, database administrator harus memastikan bahwa kamus data cache memiliki kapasitas yang memadai untuk cache data ini. Tanpa memori yang cukup untuk data-kamus cache, pengguna akan melihat penurunan kinerja parah. Mengalokasikan memori yang memadai ke kolam bersama dimana kamus data cache ini berada menghalangi masalah kinerja tertentu.
Program Global Area

Program Global Area atau PGA memori-wilayah dimana contoh Oracle berisi data dan kontrol-informasi untuk-proses server Oracle.
Ukuran dan isi dari PGA tergantung pada pilihan Oracle-server terinstal. kawasan ini terdiri dari komponen-komponen berikut:

    
* Stack-space: memori yang memegang variabel sesi itu, array, dan sebagainya.
    * Sesi-informasi: kecuali menggunakan server multithreaded, toko contoh sesi-informasi dalam PGA. (Dalam server multithreaded, sesi-informasi berjalan di SGA.)
    * SQL daerah-swasta: suatu kawasan di PGA yang memegang informasi seperti mengikat-variabel dan-runtime buffer.
    * Pemilahan wilayah: wilayah di PGA yang memegang informasi tentang macam, hash-join, dll
dilihat kinerja dinamis
Pandangan kinerja dinamis (juga dikenal sebagai "pandangan tetap") dalam sebuah informasi database Oracle hadir dari tabel virtual (X $ tabel ) dibangun atas dasar memori database Database. Pengguna dapat mengakses V $ views ( dinamai awalan sinonim mereka) untuk mendapatkan informasi tentang struktur database dan kinerja.

Oracle proses

Oracle RDBMS biasanya bergantung pada sekelompok proses yang berjalan secara simultan di latar belakang dan berinteraksi untuk memantau dan mempercepat operasi database. grup operasi Khas mungkin mencakup beberapa individu berikut proses-(ditampilkan bersamaan dengan tata-nama, disingkat mereka):

    
* Pengarsip proses (ARCn)
    * Pos pemeriksaan proses (CKPT) * DIBUTUHKAN *
    
* Koordinator-proses-kerja-antrian (CJQn): dinamis menumbuhkan proses budak untuk pekerjaan-antrian
    * Database proses penulis (DBWn) * DIBUTUHKAN *
    
* Dispatcher proses (Dnnn): multiplex proses server atas nama pengguna
    * Memori-manager proses (MMAN): digunakan untuk tugas database internal seperti Automatic Shared Memory Management
    
* Penulis log-proses (LGWR) * DIBUTUHKAN *
    * Menulis log-jaringan-server (LNSn): mentransmisikan redo log di lingkungan Data Guard
    
* Logis koordinator proses siaga (LSP0): kontrol Data Guard log-aplikasi
    * Media-proses pemulihan (MRP): terlepas proses pemulihan-server
    * Memori-memantau proses (MMON): proses otomatis-deteksi masalah, self-tuning dan statistik pengumpulan
    
* Memori-memantau proses ringan (MMNL): mengumpulkan dan menyimpan Otomatis Beban Kerja Repository (AWR) data
    * Budak mmon (Mnnnn-M0000, M0001, dll): latar belakang budak dari proses MMON
    
* Proses-proses monitor (PMON) * DIBUTUHKAN *
    * Proses-induk (PSP0): Oracle menumbuhkan proses
    
* Antrian-monitor proses (QMNn)
    * Recoverer proses (Reco)
    
* Remote file-server proses (RFS)
    * Proses shared server (Snnn): melayani klien-permintaan
    * Sistem memantau proses (SMON) * DIBUTUHKAN *
proses User, koneksi, dan sesi

Oracle Database membedakan terminologi istilah yang berbeda-ilmu komputer dalam menggambarkan bagaimana pengguna-akhir berinteraksi dengan database:

    
* Pengguna proses melibatkan seruan perangkat lunak aplikasi
    * Sambungan mengacu pada jalur yang menghubungkan proses pengguna ke sebuah contoh Oracle
    sesi * terdiri dari koneksi khusus ke sebuah contoh Oracle [Setiap sesi dalam sebuah contoh telah sesi Pengidentifikasi atau. "SID"  (berbeda dari sistem-identifier SID).
Concurrency dan mengunci

Oracle database mengontrol akses simultan ke sumber daya data dengan kunci (alternatifnya didokumentasikan sebagai "enqueues" [25]). Database juga menggunakan "kait" -. Mekanisme serialisasi tingkat rendah untuk melindungi berbagi struktur data dalam Sistem Global Area
Konfigurasi

Database administrator kontrol banyak variasi merdu dalam sebuah instance Oracle dengan cara nilai dalam file parameter ini file dalam bentuk ASCII default ("pfile") biasanya memiliki nama <SID-name> init format.. ora. default server file biner parameter setara ("spfile") (dinamis reconfigurable sampai batas tertentu) default ke <SID-name> spfile format. ora. Dalam lingkungan berbasis SQL, pandangan V $ PARAMETER [29] dan V $ SPPARAMETER [30] memberikan akses untuk membaca nilai parameter.
Internasionalisasi

Software Oracle Database datang dalam 63 versi bahasa (termasuk variasi regional seperti bahasa Inggris Amerika dan Inggris). Variasi antara versi menutupi nama-nama hari dan bulan, singkatan, waktu simbol seperti AM dan AD, dan sortasi.

Oracle Corporation telah diterjemahkan Oracle Database error-pesan ke dalam bahasa Arab, Catalan, Cina, Ceko, Denmark, Belanda, Inggris, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Ibrani, Hungaria, Italia, Jepang, Korea, Norwegia, Polandia, Portugis, Rumania, Rusia, Slovakia, Spanyol, Swedia, Thailand dan Turki.

Oracle Corporation menyediakan pengembang database dengan alat dan mekanisme untuk menghasilkan aplikasi database didunia: disebut internal sebagai "Globalisasi". [

Sejarah
Perusahaan / timeline teknis


    * 1977: Larry Ellison dan teman-teman mendirikan Software Development Laboratories.
    
* 1979: SDL mengubah perusahaannya-nama ke "Relational Software, Inc" (RSI) dan memperkenalkan produknya V2 Oracle sebagai sistem yang tersedia secara komersial-awal database relasional. Versi tidak mendukung transaksi, tetapi mengimplementasikan fungsi SQL dasar pertanyaan dan bergabung. (RSI pernah merilis versi 1 -. Bukan memanggil versi versi pertama 2 sebagai gimmick pemasaran)
    * 1982: RSI pada gilirannya berubah nama, menjadi dikenal sebagai "Oracle Corporation", [36] untuk menyelaraskan dirinya lebih dekat dengan produk andalannya.
    * 1983: Perusahaan merilis Oracle versi 3, yang telah ditulis ulang menggunakan bahasa C pemrograman dan yang didukung COMMIT dan ROLLBACK fungsionalitas untuk transaksi.
Versi 3 diperpanjang dukungan platform dari yang ada Digital VAX / VMS sistem untuk menyertakan lingkungan Unix.
    * 1984: Oracle Corporation merilis versi Oracle 4, yang didukung membaca-konsistensi.
    
* 1985: Oracle Corporation merilis Oracle versi 5, yang mendukung model client-server-tanda jaringan menjadi lebih banyak tersedia di pertengahan 1980-an.
    * 1986: Oracle versi 5.1 mulai mendukung query terdistribusi.
    * 1988: Oracle RDBMS versi 6 keluar dengan dukungan untuk PL / SQL Oracle tertanam dalam Formulir v3 (versi 6 tidak dapat menyimpan PL / SQL dalam database yang tepat), row-level locking dan backup panas .
    * 1989: Oracle Corporation memasuki pasar aplikasi produk dan pengembangannya produk ERP, (kemudian menjadi bagian dari Oracle E-Business Suite), berdasarkan database Oracle relasional.
    * 1990: pelepasan Aplikasi rilis Oracle 8
    * 1992: versi Oracle 7 muncul dengan dukungan untuk integritas referensial, disimpan prosedur dan pemicu.
    
* 1997: Oracle Corporation merilis versi 8, yang mendukung pengembangan berorientasi objek dan aplikasi multimedia.
    * 1999: Pelepasan Oracle8i bertujuan untuk memberikan database antar-operasional yang lebih baik dengan Internet (i di nama singkatan "Internet"). Database Oracle8i tergabung mesin virtual Java asli (Oracle JVM).
    * 2000: Oracle E-Business Suite 11i pelopor perusahaan perangkat lunak aplikasi yang terintegrasi
    * 2001: Oracle9i pergi ke dalam rilis dengan 400 fitur baru, termasuk kemampuan untuk membaca dan menulis dokumen XML.
9i juga memberikan opsi untuk Oracle RAC, atau "Real Application Clusters", database komputer-cluster, sebagai pengganti untuk Server Oracle Paralel (OPS) opsi.
    * 2003: Oracle Corporation merilis Oracle Database 10g, yang didukung ekspresi reguler. (G singkatan dari "grid"; menekankan dorong pemasaran 10g menampilkan sebagai "komputasi grid siap".)
    * 2005: Oracle Database 10.2.0.1-juga dikenal sebagai Oracle Database 10g Release 2 (10gR2)-muncul.
    
* 2006: Oracle Corporation mengumumkan Unbreakable Linux [36]
    * 2007: Oracle 10g Database rilis 2 set rekor dunia baru TPC-H 3000 GB hasil benchmark
    
* 2007: Oracle Corporation merilis Oracle Database 11g untuk Linux dan Microsoft Windows.
    * 2008: Oracle Corporation mengakuisisi BEA Systems.
    
* 2010: Oracle Corporation mengakuisisi Sun Microsystems.
Versi penomoran

produk Oracle secara historis mengikuti rilis sendiri-penomoran dan penamaan konvensi. Dengan rilis RDBMS Oracle 10g, Oracle Corporation mulai standardisasi semua versi saat ini produk utama dengan menggunakan "10g" label, meskipun beberapa sumber terus menyebut Release Aplikasi Oracle 11i sebagai Oracle 11i. Akhiran dari "i" dan "g" tidak benar-benar mewakili tingkat yang lebih rendah-order versi penomoran, sebagai huruf biasanya mewakili dalam industri penomoran versi software. Artinya, tidak ada versi pendahulu dari Oracle 10g yang disebut Oracle 10F. Sebaliknya, surat-surat hanya merupakan gimmick pemasaran untuk menunjukkan fokus Oracle pada "internet" dan "grid", masing-masing. Akibatnya, banyak drop akhiran surat ketika mengacu ke versi Oracle. Produk utama yang berhubungan dengan database dan beberapa versi mereka termasuk:

    * Oracle Application Server 10g (juga dikenal sebagai "Oracle AS 10g"): produk middleware;
    * Aplikasi Oracle Release 11i (aka Oracle e-Business Suite, Oracle Financials atau Oracle 11i): sebuah suite aplikasi bisnis;
    * Oracle Developer Suite 10g (9.0.4);
    
* Oracle JDeveloper 10g: sebuah lingkungan pengembangan Java terintegrasi;

Sejak versi 5, Oracle RDBMS penomoran rilis telah menggunakan kode berikut:

    
* Oracle5
    * Oracle6
    
* Oracle7: 7.0.16-7.3.4
    * Oracle8 Database: 8.0.3-8.0.6
    
* Oracle8i Database Release 1: 8.1.5.0-8.1.5.1
    * Oracle8i Database Release 2: 8.1.6.0-8.1.6.3
    * Oracle8i Database Release 3: 8.1.7.0-8.1.7.4
    
* Oracle9i Database Release 1: 9.0.1.0-9.0.1.5 (patchset per Desember 2003 [update])
    * Database Oracle9i Release 2: 9.2.0.1-9.2.0.8 (patchset per April [update] 2007)
    * Oracle Database 10g Release 1: 10.1.0.2-10.1.0.5 (patchset pada Februari 2006 [update])
    
* Oracle Database 10g Release 2: 10.2.0.1-10.2.0.5 (patchset per April [update] 2010)
    * Oracle Database 11g Release 1: 11.1.0.6-11.1.0.7 (patchset per September 2008 [update])
    
* Oracle Database 11g Release 2: 11.2.0.1 (dirilis 2009/09/01)

Sintaks penomoran versi dalam setiap rilis mengikuti pola: major.maintenance.application-server.component-specific.platform-spesifik.

Sebagai contoh, berarti "10.2.0.1 untuk Solaris 64-bit": 10 versi mayor dari Oracle, pemeliharaan tingkat 2, Oracle Application Server (OracleAS) 0, tingkat 1 untuk Solaris 64-bit.

Administrator Panduan Oracle menawarkan informasi lebih lanjut mengenai nomor rilis Oracle.

Daftar pengalaman pertama diklaim

Pertanyaan buku-new.svg
Artikel ini membutuhkan catatan kaki untuk pemastian.
Silakan bantu memperbaiki artikel ini dengan menambahkan referensi yang handal. Disertai rujukan bahan mungkin sulit dan dihapus. (Desember 2007)

Oracle Corporation mengklaim telah disediakan:

    * Database SQL pertama berbasis komersial yang tersedia (1979)
    
* Database pertama yang mendukung symmetric multiprocessing (SMP) (1983)
    * Database terdistribusi pertama (1986)
    * Produk pertama database diuji sesuai dengan standar SQL ANSI (1993) [39]
    
* Pertama 64-bit database (1995)
    * Database pertama untuk memasukkan JRE asli (1998)
    * RDBMS eksklusif pertama menjadi tersedia pada Linux (1998)
    
* Database pertama yang mendukung XML (1999)
edisi Pemasaran

Selama dan di atas berbagai versi perangkat lunak manajemen database Oracle berkembang dari waktu ke waktu, Oracle Corporation untuk membagi produknya ke dalam berbagai "edisi" - tampaknya untuk alasan pemasaran dan lisensi-pelacakan. (Jangan membingungkan pemasaran "edisi" dengan "edisi" versioning internal virtual diperkenalkan dengan Oracle 11.2 )Dalam rangka perkiraan penurunan skala, kita menemukan:

    * Enterprise Edition (EE) meliputi fitur lebih banyak daripada 'Standard Edition', terutama di bidang kinerja dan keamanan. Oracle Corporation lisensi produk ini berdasarkan pengguna atau prosesor, biasanya untuk server menjalankan 4 atau lebih CPU. EE tidak memiliki batas memori, dan dapat memanfaatkan clustering menggunakan perangkat lunak Oracle RAC.
    
* Standard Edition (SE) berisi fungsionalitas database dasar. Oracle Corporation lisensi produk ini berdasarkan pengguna atau prosesor, biasanya untuk server yang berjalan dari satu sampai empat CPU. Jika jumlah CPU melebihi 4 CPU, pengguna harus mengkonversi ke lisensi Enterprise. SE tidak memiliki batas memori, dan dapat memanfaatkan clustering dengan Oracle RAC tanpa biaya tambahan.
    
* Standard Edition One, diperkenalkan dengan Oracle 10g, memiliki beberapa fitur tambahan-pembatasan. Oracle Corporation pasar untuk digunakan pada sistem dengan satu atau dua CPU. Tidak memiliki keterbatasan memori.
    * Express Edition ("Oracle Database XE"), diperkenalkan pada tahun 2005, menawarkan Oracle 10g gratis untuk mendistribusikan pada Windows dan platform Linux. Ia memiliki jejak hanya 150 MB dan dibatasi dengan penggunaan CPU tunggal, maksimum 4 GB data pengguna. Walaupun dapat menginstal pada server dengan jumlah memori, ia menggunakan maksimum 1 Dukungan GB. untuk versi ini datang secara eksklusif melalui di forum-line dan tidak melalui dukungan Oracle.
    
* Oracle Database Lite, dimaksudkan untuk berjalan pada perangkat mobile. Tertanam database mobile terletak pada perangkat selular dapat melakukan sinkronisasi dengan instalasi berbasis server.
platform Host

Sebelum merilis Oracle 9i pada tahun 2001, Oracle Corporation porting produk database-nya ke berbagai platform.
Baru-baru ini Oracle Corporation telah konsolidasi pada kisaran yang lebih kecil dari platform sistem operasi.

Pada Oktober 2006 [update], Oracle Corporation mendukung sistem operasi berikut dan platform perangkat keras untuk [rujukan?] Oracle 10g Database:

    * Apple Mac OS X Server: PowerPC
    * HP HP-UX: PA-RISC, Itanium
    
* HP Tru64 UNIX: Alpha
    * OpenVMS HP: Alpha, Itanium
    * IBM AIX5L: IBM POWER
    
* IBM z / OS: zSeries
    * Linux: x86, x86-64, PowerPC, zSeries, Itanium
    * Microsoft Windows: x86, x86-64, Itanium
    
* Sun Solaris: SPARC, x86, x86-64
software Terkait
produk Oracle


    * Oracle Database Firewall
pilihan Database

Oracle Corporation mengacu pada beberapa ekstensi untuk fungsionalitas inti dari database Oracle sebagai "pilihan database" Pada 2008 [update] pilihan tersebut meliputi.:

    
* Active Data Guard (meluas Oracle Data Guard standby fungsi fisik di 11g)
    * Advanced Security (menambahkan metode enkripsi data)
    * Isi database (menyediakan repositori terpusat untuk informasi tidak terstruktur)
    
* Database Vault (memberlakukan pengamanan tambahan pada akses data)
    * Data Mining (ODM) (tambang untuk pola data yang ada)
    * In-Memory Database Cache (menggunakan teknologi TimesTen)
    
* Label Keamanan (memaksa keamanan row-level)
    * Manajemen Paket (berbagai)
    
* Oracle Jawaban (untuk analisis ad-hoc dan pelaporan)
    * Oracle OLAP (menambahkan pemrosesan analitis)
    * Oracle Programmer (memberikan akses program ke database Oracle melalui precompilers, antarmuka dan binding)
    
* Partisi (granularizes tabel dan indeks untuk efisiensi)
    * Real Application Clusters (RAC) (koordinat beberapa server database, bersama-sama mengakses database yang sama)
    * Oracle Real Application Testing (baru di versi 11g)-termasuk Database Replay (untuk beban kerja pengujian) dan SQL Analyzer Kinerja (SPA) (untuk mempertahankan efisiensi SQL dalam lingkungan berubah)
    * Records database (aplikasi manajemen arsip)
    
* Oracle Spatial (data relasional terintegrasi dengan sistem informasi geografis (SIG))
    * Transparan Gateway untuk koneksi ke sistem non-Oracle. Dioptimalkan menawarkan solusi, dengan fungsionalitas lebih dan kinerja yang lebih baik dari Oracle Generic Konektivitas.
    
* Total Recall (mengoptimalkan penyimpanan jangka panjang dari data historis)
    * Oracle Gudang Builder (dalam berbagai bentuk dan sub-opsi)

    Daftar ini tidak lengkap, Anda dapat membantu dengan mengembangkannya.

Dalam kebanyakan kasus, menggunakan opsi ini memerlukan biaya lisensi tambahan.
[Sunting] Suites

Selain RDBMS-nya, Oracle Corporation telah merilis suite terkait beberapa alat dan aplikasi yang berkaitan dengan implementasi dari database Oracle.
Sebagai contoh:

    * Oracle Application Server, server aplikasi berbasis J2EE, membantu dalam mengembangkan dan menyebarkan aplikasi yang memanfaatkan teknologi internet dan browser.
    
* Oracle Collaboration Suite berisi pesan, groupware dan aplikasi kolaborasi.
    * Oracle Developer Suite berisi alat pengembangan perangkat lunak, termasuk JDeveloper.
    * Oracle E-Business Suite mengumpulkan bersama aplikasi untuk perencanaan sumber daya perusahaan (termasuk Oracle Financials), manajemen hubungan pelanggan dan manajemen sumber daya manusia (Oracle HR).
    * Oracle Enterprise Manager (OEM) yang digunakan oleh database administrator (DBA) untuk mengelola DBMS, dan baru-baru [update] di versi 10g, web berbasis menulis ulang OEM disebut "Oracle Enterprise Manager Database Control". Oracle Corporation telah dijuluki super-Enterprise-Manager digunakan untuk mengatur grid beberapa DBMS dan Server Aplikasi "Oracle Enterprise Manager Grid Control".
    * Oracle Programmer/2000, sebuah bundling antarmuka untuk bahasa pemrograman 3GL, dipasarkan dengan Oracle7 dan Oracle8.
Database "fitur"

Terlepas dari pilihan database yang didefinisikan dengan jelas, database Oracle dapat mencakup banyak sub perangkat lunak semi-otonom-sistem, yang Oracle Corporation kadang-kadang mengacu sebagai "fitur" dalam arti yang agak berbeda dari penggunaan kata normal.
Sebagai contoh, Oracle Data Guard dihitung secara resmi sebagai "fitur", tetapi perintah-stack dalam SQL * Plus, meskipun fitur kegunaan, tidak muncul dalam daftar "fitur" dalam daftar Oracle. [Riset asli?] Tersebut " fitur "mungkin termasuk (misalnya):

    * Aktif Sesi Sejarah (ABU), pengumpulan data untuk memantau langsung aktivitas database sangat baru.
    * Otomatis Beban Kerja Repository (AWR), menyediakan jasa pemantauan untuk instalasi database Oracle dari versi Oracle 10.
Sebelum rilis versi Oracle 10, fasilitas Statspack disediakan fungsi serupa.
    * Clusterware
    * Data Agregasi dan Konsolidasi
    
* Data Guard untuk ketersediaan tinggi
    * Generik Konektivitas untuk menghubungkan ke sistem non-Oracle.
    * Data Pompa utilitas, yang membantu untuk mengimpor dan mengekspor data dan metadata antara database
    * Database Resource Manager (DRM), yang mengontrol penggunaan sumber daya komputasi
    * Fine-grained auditing (FGA) (di Oracle Enterprise Edition )suplemen fitur standar keamanan-auditing
    
* Flashback untuk pemulihan data selektif dan rekonstruksi
    * ISQL * Plus, user interface web browser berbasis grafis (GUI) untuk manipulasi data Oracle database-(bandingkan SQL * Plus)
    
* Oracle Data Access Components (ODAC), alat yang terdiri dari:
          o Oracle Data Provider for BERSIH (ODP.NET).
          
Oracle Developer Tools o (ODT) untuk Visual Studio
          o Oracle Penyedia untuk ASP.NET
          o Ekstensi Database Oracle. NET
          
o Oracle Provider for OLE DB
          o Oracle Objek untuk OLE
          o Oracle Layanan untuk Server Microsoft Transaksi
    
* Oracle-dikelola file (OMF) - fitur yang memungkinkan penamaan penciptaan, otomatis dan penghapusan datafiles pada tingkat sistem operasi.
    * Recovery Manager (RMAN) untuk database, restorasi backup dan recovery
    * SQL * Plus, sebuah program yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan database Oracle (s) melalui SQL dan / PL SQL perintah pada baris-perintah. Bandingkan Plus * iSQL.
    * Virtual Private Database (VPD), sebuah implementasi dari kontrol akses halus.

    Daftar ini tidak lengkap, Anda dapat membantu dengan mengembangkannya.
alat Standalone

Pengguna dapat mengembangkan aplikasi di Jawa dan / PL SQL menggunakan alat seperti Oracle JDeveloper, Oracle Form, atau Oracle Laporan. Oracle Corporation telah mulai [klarifikasi diperlukan] drive terhadap 'lingkungan wizard'-digerakkan dengan maksud untuk memungkinkan non-programmer untuk menghasilkan aplikasi data-driven sederhana.

Oracle SQL Developer, tool grafis gratis untuk pengembangan database, memungkinkan pengembang untuk menelusuri objek database, menjalankan pernyataan SQL dan skrip SQL, dan mengedit dan debug PL / SQL.
Ia menggabungkan pelaporan standar dan disesuaikan.
[Sunting] database lain dipasarkan oleh Oracle Corporation

Dengan mengakuisisi teknologi lain di bidang database, Oracle Corporation telah mengambil alih:

    * TimesTen, database memori-penduduk yang transaksi cache bisa dan melakukan sinkronisasi data dengan server database Oracle terpusat. Ini berfungsi sebagai produk perangkat lunak infrastruktur real-time ditujukan untuk pengelolaan rendah latensi, data volume tinggi, peristiwa dan transaksi.
    
* BerkeleyDB, sederhana, kinerja tinggi, embedded database
    * Oracle Rdb, database relasional warisan untuk sistem operasi OpenVMS
    * MySQL database relasional dibeli sebagai bagian dari pemilik langsung sebelumnya, Sun Microsystems
Penggunaan

RDBMS Oracle telah memiliki reputasi di kalangan pengguna pemula sebagai sulit untuk diinstal pada sistem Linux. Oracle Corporation telah dikemas terbaru [update] versi untuk beberapa distro Linux yang populer dalam upaya untuk meminimalkan tantangan instalasi melampaui tingkat keahlian teknis yang diperlukan untuk menginstal server database.

Dukungan Resmi
Pengguna yang memiliki kontrak dukungan Oracle bisa menggunakan situs web Oracle Metalink. Metalink menyediakan pengguna produk Oracle Corporation dengan repositori masalah yang dilaporkan, skrip diagnostik dan solusi. Hal ini juga terintegrasi dengan penyediaan peralatan pendukung, patch dan upgrade.

Remote Diagnostik Agen atau RDA dapat beroperasi sebagai baris-perintah alat diagnostik mengeksekusi skrip. Data diambil memberikan gambaran tentang lingkungan Oracle Database dimaksudkan untuk diagnostik dan-trouble shooting. Dalam AKG, yang HCVE (Validasi Pemeriksaan Kesehatan Engine) dapat memverifikasi dan mengisolasi sistem host isu-isu lingkungan yang dapat mempengaruhi kinerja perangkat lunak Oracle.

Database pedoman terkait

Oracle Corporation juga mendukung praktek-praktek tertentu dan konvensi sebagai meningkatkan penggunaan produk database-nya. Ini termasuk:

    * Oracle Maksimum Ketersediaan Arsitektur (MAA), pedoman mengembangkan sistem ketersediaan tinggi
    
* Optimal Fleksibel Arsitektur (OFA), cetak biru untuk pemetaan objek Oracle-database untuk file sistem
Program Sertifikasi Oracle

Program Sertifikasi Oracle, program sertifikasi profesional, termasuk administrasi Oracle Database sebagai salah satu jalan utama sertifikasi. Ini berisi tiga tingkat:

   1. Oracle Certified Associate (OCA)
   2. Oracle Certified Professional (OCP)
   
3. Oracle Certified Master (OCM)

Pengguna kelompok
Berbagai resmi (Oracle-disponsori) dan Kelompok Pengguna tidak resmi Oracle telah berkembang dari pengguna dan pengembang database Oracle. Mereka termasuk:

    * Oracle Technology Network
    
* Independent Oracle Users Group
    * Geografi / kelompok pengguna regional
    * Kelompok pengguna Produk-sentris
    
* Kelompok pengguna-sentris Industri
    * Jaringan Oak Tabel
    
* Usenet newsgroup
posisi Pasar
Kompetisi
Di pasar untuk database relasional, Oracle Database bersaing dengan produk-produk komersial seperti IBM UDB DB2 dan Microsoft SQL Server. Oracle dan IBM cenderung untuk berperang untuk pasar mid-range database pada platform UNIX dan Linux, sementara Microsoft mendominasi pasar mid-range database pada platform Microsoft Windows. Namun, karena mereka berbagi banyak pelanggan yang sama, Oracle dan IBM cenderung mendukung produk masing-masing dalam middleware banyak dan kategori aplikasi (misalnya: WebSphere, PeopleSoft, dan Siebel Systems CRM), dan divisi hardware IBM bekerja sama dengan Oracle pada teknologi server-mengoptimalkan-kinerja (misalnya, Linux di zSeries). Kedua perusahaan memiliki hubungan mungkin Terbaik digambarkan sebagai "coopetition". Niche pesaing komersial termasuk Teradata (data pergudangan dan intelijen bisnis), Adabas, Sybase, dan IBM Informix Software AG, di antara banyak lainnya.

Pada tahun 2007, persaingan dengan SAP AG disebabkan litigasi dari Oracle Corporation.

Semakin, produk database Oracle bersaing terhadap perangkat lunak sistem seperti database relasional open source seperti PostgreSQL, Firebird, dan MySQL. Oracle mengakuisisi Innobase, pemasok dari basis kode InnoDB ke MySQL, sebagian untuk bersaing lebih baik terhadap alternatif open source, diakuisisi Sun Microsystems, pemilik MySQL, pada tahun 2010. produk Database izin sebagai open source, oleh ketentuan hukum dari Open Source Definition, bebas untuk mendistribusikan dan bebas royalti atau biaya lisensi lainnya.
Harga

Oracle Corporation menawarkan lisensi panjang untuk semua produk Oracle. Ini dasar harga daftar lisensi panjang berdasarkan persentase tertentu dari harga lisensi tak terbatas. calon pembeli dapat memperoleh izin didasarkan baik pada jumlah prosesor pada mesin server mereka target atau pada jumlah kursi potensial ("user bernama").
Enterprise Edition
    Pada Juli 2010], database bahwa biaya paling per mesin-prosesor antara edisi database Oracle, pada $ 47.500 per prosesor.
Edisi Standar
    Murah: ia dapat berjalan pada hingga empat prosesor tetapi memiliki fitur kurang dari Enterprise Edition-tidak memiliki paralelisasi yang tepat,  dan lain-lain, tetapi tetap sangat cocok untuk menjalankan aplikasi menengah.
Standar SATU
    Menjual bahkan lebih murah, namun tetap terbatas pada dua CPU. Edisi Standar ONE menjual pada basis per-kursi dengan minimum lima pengguna. Oracle Corporation biasanya menjual lisensi dengan 22% biaya tambahan untuk dukungan dan upgrade (akses ke situs dukungan Metalink-Oracle Corporation) yang pelanggan harus memperbaharui setiap tahunnya.
Oracle Express Edition (Oracle XE)
    Tambahan untuk keluarga produk database Oracle (versi beta dirilis pada tahun 2005, versi produksi yang dikeluarkan pada bulan Februari 2006), menawarkan versi gratis dari Oracle RDBMS, tapi terbatas pada 4 GB data pengguna dan 1 GB RAM (SGA + PGA). XE tidak akan menggunakan CPU lebih dari satu dan tidak memiliki sebuah JVM internal. XE berjalan hanya pada Windows dan di Linux, bukan pada AIX, Solaris, HP-UX dan sistem operasi lain yang tersedia untuk edisi lainnya.

Seperti komputer yang menjalankan Oracle seringkali memiliki delapan atau lebih prosesor, harga perangkat lunak dapat naik ke ratusan ribu dolar. Total biaya kepemilikan sering melebihi ini, sebagai besar biasanya membutuhkan instalasi Oracle database administrator yang berpengalaman dan terlatih untuk melakukan set-up dengan benar.
Karena basis besar produk terinstal dan kursus pelatihan yang tersedia, spesialis Oracle di beberapa daerah telah menjadi sumber daya lebih banyak daripada mereka untuk database lebih eksotis. Oracle sering memberikan menawarkan pelatihan khusus untuk database administrator.

Pada Linux, konfigurasi bersertifikat Oracle meliputi sebagian besar komersial distribusi Linux (Red Hat Enterprise Linux 3, 4 dan 5, SuSE SLES 8, 9 dan 10, Asianux) yang dapat biaya berkisar dari beberapa ratus hingga USD ribu saja per tahun ( tergantung pada arsitektur prosesor dan paket dukungan dibeli).

Sistem database Oracle juga dapat menginstal dan berjalan di distribusi Linux yang tersedia secara gratis seperti Centos berbasis Red Hat, atau sistem berbasis Debian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar